Photobucket

Rabu, 30 Mei 2012

PCB control Universal AC

Cara pemasangan PCB control Universal AC


  1. Lepaskan PCB indoor yang rusak dan cabut socket socketnya
  2. Pasang Adaptor dan masukan socketnya pada PCB *AC 220 volt transformer* (1)
  3. masukan socket adaptor pada PCB, DC 12 volt (2)
  4. Pasang socket kabel power 220 volt yang menuju stopkontak pada PCB universal (Arus positif) yang akan masuk ke relay (3)
  5. Masukan kabel power 220 Volt (Arus negatif) pada PCB *power common* (5) seperti terlihat pada gambar diagram yang bergaris merah
  6. Hubungkan 2 buah kabel (4 dan 6) menuju terminal indoor (L dan N) yang akan di teruskan ke outdoor AC untuk menjalankan kompresor *garis biru* (6)
  7. potong PCB yang bergaris putus putus, dan tempelkan pada masing masing tempatnya * disitu terdapat lampu running, timer, on/off, receiver/sensor remote dsbnya (7)
  8. Pasang socket motor fan indoor (8)
  9. lanjutkan dengan pasang socket ke kapasitor fan (9)
  10. Pasang socket motor swing (10)
  11. Test Running tanpa outdoor
  12. Pastikan fungsi remote ac bekerja dengan baik seperti; termis, motor swing, speed motor fan

Catatan :
Pada beberapa merk ac penempatan socket kabel motor Swing posisi + ada yang sebelah kanan socket ada juga yang sebelah kiri socket, tinggal di sesuaikan pada PCB yang baru.

Sedangkan untuk motor Fan indoor berbeda-beda tidak sama urutannya, jadi sebelum kita melepas socket motor fan tandai dulu posisi kabel low, mid, dan high pada PCB yang lama/rusak, jika tidak sama tinggal kita sesuai kan saja dengan PCB yang baru. begitu juga dengan kapasitor fannya, karena bila hal ini salah dalam penempatanya maka motor fan tidak akan bekerja. Dengan catatan motor Fan yang di gunakan pengaturan kecepatannya dengan arus AC bukan DC. Sedangkan untuk motor Fan yang menggunakan pengaturan kecepatannya dengan arus DC juga bisa, biasanya ada dua socket dari motor fan, pasang socket yang berkabel besar dan sesuaikan posisi kabel ‘+’, kabel ‘-‘,  dan kabel kapasitor. Akan tetapi kecepatan putaran kipas tidak bisa di atur cepat dan pelannya putarannya.

2 komentar:

sewa ac mengatakan...

wah jelas bgt nch cara masang PCBnya..bisa untuk di coba sendiri di rumah. tapi takut rusak juga sch..haha

Fery mengatakan...

Oke sangat jelas