Photobucket

Minggu, 16 Mei 2010

AC Panasonic Mampu Mendeteksi Manusia

Salah satu penyumbang pemanasan global adalah pemakaian listrik yang boros. Pemerintah telah mengimbau berkali-kali agar masyarakat melakukan gerakan penghematan listrik. Dari sisi perusahaan, salah satunya PT Panasonic Gobel Indonesia juga terus melakukan inovasi agar setiap produknya ramah lingkungan.

Karena itu, Panasonic, Kamis (11/2), meluncurkan produk air conditioner (AC) terbaru berbasis teknologi intelligent inverter dan eco patrol. "Invertor dan eco patrol merupakan teknologi yang membuat AC bekerja secara optimal, sehingga mampu menghemat listrik. Eco patrol mampu mendeteksi keberadaan manusia serta intensitas kegiatannya. Karenanya, teknologi ini secara otomatis menyesuaikan pendinginan," ujar President Director PT Panasonic Gobel Indonesia Ichiro Suganuma.


Ia menjelaskan, dengan mengaktifkan moda eco pada remote, sensornya akan bekerja dengan mendeteksi keberadaan manusia dan aktivitasnya di ruangan tersebut dalam jangkauan deteksinya. Apabila sensor tidak mendeteksi keberadaan manusia dalam suatu ruangan, maka AC langsung menyesuaikan pendinginan dengan menaikkan 2 derajat Celsius (moda eco 1). Inilah yang membuat beban kerja AC menjadi minimal dan menghemat listrik hingga 20 persen. Hebat bukan?

"Jadi, dengan AC tersebut, kita tidak perlu seterusnya menghidupkan dan mematikan unit atau mengatur suhu. Dengan begitu, AC Panasonic dapat membantu menghemat pemakaian energi sampai 60 persen," tamabh Ichiro.

Lebih jelasnya tentang produk terbaru itu, teknologi intelligent inverter dapat membuat AC mengatur sendiri rotasi kecepatan kompresor sehingga performa AC menjadi hemat biaya dan energi. Eco patrol membuat AC dapat merspons kehadiran seseorang di suatu ruangan dan tingkat aktivitasnya yang kemudian mengatur tingkat kedinginan. Lantas, ada juga e-ion air purifying system with patrol sensor yang selalu memonitor perubahan tingkat kebersihan udara dan mengaktifkan fungsi pembersih udara sehingga manusia bisa memperoleh udara yang lebih bersih dan sehat.

Tidak ada komentar: